Friday 6 November 2015

10 Fakta Menarik tentang Gereja Katolik



10 Fakta Menarik tentang Gereja Katolik



Seberapa tahukah Anda tentang Gereja Katolik?
Berikut adalah 10 fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. :

  1. Basilika St. Petrus di Vatikan
Kota Vatikan memiliki tingkat kriminalitas tertinggi di dunia! 
Dengan populasi kurang lebih 500 orang dan sedikitnya satu tindak kriminal per hari, tingkat kriminal di Vatikan melibihi 100 persen, per kapita. 
Meskipun fakta ini mengejutkan, harus diingat bahwa Vatikan berukuran sekitar satu mil persegi, dan dikunjungi oleh hampir 20 juta pengunjung setiap tahun. 
Kebanyakan dari tindak kriminal tersebut adalah pencopetan, penjambretan, dan kejahatan kecil lainnya yang dilakukan oleh pengunjung-pengunjung tersebut.

  1. Satu-satunya Gereja Kristen yang ada hingga 1000 tahun pertama dari sejarah Kristen adalah Gereja Katolik Roma.  Gereja Kristen lainnya yang ada saat ini dapat menemukan asal muasal mereka dari Gereja Katolik Roma. Mayoritas gereja non-Katolik yang ada saat ini berumur kurang dari satu atau dua abad.

  1. Gereja Katolik tidak hanya terdiri dari Gereja Katolik Roma saja. Terdapat 22 Ritual Timur yang berada dalam satu hubungan dengan Roma dan meskipun demikian, mereka tetap bagian dari Gereja Katolik.

  1. Johannes Gutenberg
Johannes Gutenberg, penemu alat percetakan, adalah seorang Katolik dan buku pertama yang dicetak adalah Kitab Suci Katolik.

  1. Gereja Katolik sepenuhnya bertanggung jawab atas penyusunan Kitab Suci, kitab mana saja yang dimasukkan, termasuk pemisahan pasal dan ayat.   Protestan telah menghapus beberapa kitab dari Kitab Suci karena beberapa ayat tidak konsisten dengan teologi mereka. Martin Luther adalah penentang yang utama mengenai ini. Dia menghapus kitab Tobit, Yudit, Makabe 1 dan 2, Kebijaksanaan, Sirakh, dan Barukh. Dia juga berusaha untuk menghapus Yakobus dan Wahyu, namun ditolak oleh pengikutnya dan kitab tersebut tetap diakui. Gereja Katolik sering dituduh “menambahkan” kitab-kitab, namun kepercayaan umum ini salah. Dulu sebelum Protestan, Kitab Suci terjemahan Katolik memasukkan kitab-kitab tersebut.

  1. Berapa banyak santo-santa yang diakui Gereja Katolik? Tampaknya tidak ada jumlah resmi, namun jumlah tersebut melebihi 10.000. Tentu saja, setiap orang yang masuk surga adalah santo/santa, berdasarkan definisinya, sehingga jumlah santo-santa yang sebenarnya lebih banyak dari jumlah yang diakui oleh Gereja.

  1. Setiap orang Katolik dapat melakukan pembaptisan darurat, jika seseorang dalam sakratul maut. Dalam hal ini, keabsahan pembaptisan hanya tergantung pada permohonan orang yang dibaptis, bahwa mereka membutuhkan pembaptisan tersebut.

  1. Sekitar 15 persen dari semua rumah sakit di Amerika Serikat adalah rumah sakit Katolik. Di beberapa bagian di dunia, Gereja Katolik menyediakan pelayanan kesehatan, pendidikan, dan pelayanan sosial bagi masyarakat.

  1. Gereja Katolik menghabiskan uang lebih dari pada yang dihasilkan oleh Apple. Pengeluaran Gereja Katolik, yang sebagian besarnya adalah untuk amal, melebihi $170 milyar pada 2012, menurut majalah The Economist. Pada tahun yang sama, Apple menghasilkan pendapatan sebesar $157 milyar.

  1. Swiss Papal Guard dan Paus Fransiskus
Sri Paus dilindungi oleh Pengawal Paus Swiss (Swiss Papal Guard). Memakai seragam yang didesain oleh Michelangelo dan pada umumnya dipersenjatai dengan halberds (senjata yang umum digunakan pada abad 14-16), mereka mampu menggunakan senjata yang lebih berat jika diperlukan. Setiap anggota Swiss Papal Guard adalah Katolik, pria, dan orang Swiss, serta harus menyelesaikan pelatihan militer di Swiss. Mereka harus menunjukkan tingkah laku yang baik dan memiliki tinggi badan minimal 5 kaki (152,4 cm). Mereka yang terpilih dipersilakan untuk bertemu secara rahasia dengan Sri Paus bersama dengan keluarga mereka. Dalam situasi ekstrim, mereka diharapkan untuk menjaga Sri Paus dengan nyawa mereka. Swiss Papal Guard adalah unit militer tertua yang aktif sejak 1506.





Diterjemahkan dari: http://www.catholic.org/news/hf/faith/story.php?id=57689

0 comments:

Post a Comment